Sailing Komodo

Apa Itu Sailing Komodo?

Sailing Komodo adalah rangkaian kegiatan mengelilingi Kepulauan Komodo dengan berlayar diatas kapal. Baik itu kapal Boat maupun Phinisi.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan kegiatan apa saja saat anda melakukan kegiatan Sailing Komodo. Tapi sebelumnya agar bahasan kita runtut, kita bahas Komodo itu sendiri dulu ya.

Komodo adalah spesies biawak besar dan hanya ada di Indonesia yang bisa ditemukan di kepulauan Nusa Tenggara Timur. Komodo memang terkenal keseluruh pelosok dunia, namun banyak juga wisatawan asing yang menyebutnya dengan “Dragon”. Salah satu pulau yang banyak dihuni oleh spesies ini dinamakan Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Keduanya berada di Taman Nasional Kepulauan Komodo. Belakangan ini, ditemukan juga Komodo di Pulau Padar, tapi hanya satu dua saja populasinya.

Pulau Komodo merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia pada tahun 2011.  Sejak saat itu semakin banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berdatangan kesini. Dari beberapa sumber, ternyata Pulau Komodo sendiri sebenarnya baru diperkenalkan ke dunia pada tahun 1970 dan jika ingin kesana saat itu hanya melalui Pelabuhan Labuan Bajo.

Pulau yang terletak di Flores ini memiliki daya tarik yang luar biasa dikarenakan daya pikat pulau-pulau disekitarnya yang tidak kalah menarik dan sangat indah.

Karena mengelilingi pulau-pulau dengan menggunakan kapal/perahu untuk berlayar, maka kegiatan tour wisata ini disebut dengan istilah Sailing Komodo. Dimana kita akan menggunakan perahu boat, semi phinisi dan phinisi untuk kegiatan tersebut.

Contoh paket wisata Sailing Komodo dapat anda klik di : Paket Wisata Sailing Komodo

Berikut ini adalah daftar pulau yang ada di kegiatan Sailing Komodo :

Pulau Komodo

Pulau Komodo Tour Sailing Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau dimana banyak ditemui Komodo, jumlah komodo yang hidup pada saat ini di pulau tersebut mencapai 2500 ekor. Selain terdapat hewan Komodo, yang menjadi daya tarik lain bagi para wisatawan yakni eksotisme keindahan alam disekitar pulau komodo.

Kebayang kalau di pulau Komodo ada pemukiman penduduk dinamakan Kampung Komodo yang dihuni oleh suku Modo. Selain dari menjadi nelayan, sebagian kecil dari mereka berjualan souvenir kepada wisatawan.

Walaupun jumlah Komodonya banyak, lebih banyak dari pulau Rinca (sebuah pulau yang juga dihuni oleh Komodo) namun karena luasnya pulau ini, berbeda dengan pulau Rinca yang lebih kecil, maka cukup jarang bisa melihat banyak Komodo disini. Artinya lebih gampang menemui Komodo di Pulau Rinca daripada di Pulau Komodo ini.

Gili Laba

Gili Laba Sailing Komodo

Gili Laba merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Taman Nasional Komodo. Keindahan alamnya sangat mempesona. Hamparan laut terlihat sangat cantik dari atas bukit jika anda mendakinya. Dari puncak Gili Laba anda dapat melihat pemandangan hampir keseluruhan yang ada di Pulau Komodo.

Perjalanan menuju bukit yang ada di Gili Laba akan melewati berbagai tanjakan jadi memang stamina harus disiapkan. Meskipun membutuhkan tenaga ekstra tapi ketika sampai ke puncak Gili Laba semua akan lunas terbayar oleh pemandangan keindahan alam Gili Laba yang mempesona. Selain mendaki ke puncak anda juga dapat bermain air, berjemur dan snorkeling disini.

Ada dua jalur untuk mencapai ke puncak. Jalur daki lebih dekat, tapi mendakinya cukup tegak. Satu jalur lain lebih landai, tapi jaraknya cukup jauh. Anda pilih mana? Biasanya di mixed, berangkat lewat jalur daki, pulangnya lewat jalur landai. Begitu juga sebaliknya.

Pulau Rinca

Pulau Rinca Sailing Komodo

Pulau Rinca juga merupakan salah satu gugusan pulau yang terletak di kepulauan komodo. Disini anda juga dapat melihat Komodo. Jumlah komodo yang hidup di pulau rinca berkisar 1500 ekor, karena tidak seluas Pulau Komodo, maka anda akan lebih mudah menemui Komodo disini. Selain komodo terdapat hewan lainnya yang hidup di pulau ini seperti Kerbau, Burung dan Babi Liar.

Di pulau rinca para pengunjung juga akan ditawarkan untuk mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan yaitu dengan program penanaman tanaman Bakau. Jarak pintu masuk dengan labuhnya kapal kurang lebih 150 meter. Tapi jangan kaget kalau walaupun belum masuk, Komodonya sudah ketemu didepan. Hehe.

Jika masuk kesini, anda akan diantar seorang Ranger (Tour Guide Khusus Spesialis Komodo) yang mereka sudah dibekali kemampuan untuk melindungi wisatawan dan mendalami karakter Komodo. Mereka biasanya membawa tongkat dan merekalah yang berhak mengatur jarak aman anda dengan Komodo saat berphoto. Mereka akan menjelaskan secara detail dan menjawab setiap pertanyaan anda mengenai Komodo saat berkeliling pulau Rinca maupun pulau Komodo.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa Sailing Komodo

Pulau Kanawa mempunyai keindahan alam yang sangat cantik dan mempesona terutama pantai dan bawah laut. Keindahan alam tersebut terlihat dari air laut yang berwarna biru kehijauan dan juga pasir putih yang masih sangat bersih.

Karena jernihnya air laut di pulau ini, keindahanpun dapat dilihat dari atas permukaan laut berbagai terumbu karang, ikan kecil berwarna warni, mola-mola dan penyu dapat terlihat dengan jelas dari kapal anda walaupun anda tidak turun ke air. Apalagi jika anda turun ke air, kehidupan laut akan sangat terlihat jelas.

Nah disini tempat yang bagus saatnya anda memakai perlengkapan snorkeling yang disiapkan di masing-masing Kapal anda.

Pulau Padar

Pulau Padar Sailing Komodo

Pulau padar adalah pulau yang paling banyak ditemui di Instagram. Merupakan salah satu pulau yang terkenal setelah pulau komodo. Pulau padar ini kita tidak dapat menemukan binatang komodo (walaupun akhir-akhir ini mulai ditemukan ada). Disinilah menurut kami pemandangan yang favorit untuk para pecinta traveling. Di pulau padar hanya tumbuh rumput dan tidak terdapat pohon-pohon besar.

Sama seperti karakter pulau lainnya, saat musim atau setelah musim hujan, pulau ini berwarna Hijau oleh savananya yang subur dan saat musim kemarau, savana mulai mengering dan berwarna lebih terang kecoklatan.

Dari puncak pulau padar kita dapat melihat keindahan lautan di sekitar pulau padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Wisatawan yang datang kesini rata-rata mencari sunset atau sunrise karena disamping luar biasanya indahnya saat jadi latar belakang foto anda, ombak yang paling besar adalah saat perjalan dari dan menuju kesini. Makanya banyak juga kapal yang menginap dan bersandar disini pada malam harinya.

Pantai Pink

Pantai Pink Sailing Komodo

Pantai Pink atau Pink Beach merupakan salah satu obyek wisata yang juga populer di kalangan wisatawan. Pantai cantik bewarna merah muda yang juga terletak di kepulauan Komodo ini bila diamati itu aneh. Karang dan pasir yang terbawa ombak seakan-akan bersatu dan akhirnya menghadirkan warna merah muda. Epikkk deh pokoknya.

Pantai ini tidak luas, tapi bukan berarti anda tidak dapat menikmatinya berlama-lama. Dekat dengan pantai ada bukit yang bisa dijadikan spot foto menarik, anda hanya cukup berjalan 15 hingga 20 meter untuk dapat menaiki puncak bukit tersebut.

Pulau Kelor

Pulau Kelor Sailing Komodo

Pulau Kelor terkenal dengan keanekaragaman sumber daya lautnya. Di Pulau Kelor biasanya para wisatawan melakukan snorkeling, mendaki ke bukit ataupun foto-foto dengan mangrove.

Ini adalah pulau yang terdekat dengan Pelabuhan Labuan Bajo, jadi tidak aneh jika tempat ini dikunjungi paling awal kalau tidak, berarti paling terakhir.

Alat Snorkeling silahkan anda pakai disini. Oh ya, untuk melihat sunset tempat ini menarik. Sungguh menarik!

Manta Point

Manta Point Sailing Komodo

Manta Point adalah Salah satu lokasi dive dan snorkling yang paling banyak diincar oleh para wisatawan. Berenang atau snorkeling sambil menyentuh Manta Ray memang memberikan sensasi tersendiri, tak jarang banyak wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini hanya untuk bermain dengan Manta.

Area Snorkeling ini sebenarnya cukup berbahaya karena arus bawah laut yang deras di titik titik tertentu, tentunya tour guide anda mengetahui dan akan mengarahkan ketempat yang aman buat anda.

Pulau Gusung/Taka Makkasar

Pulau Gusung Sailing Komodo

Taka Makassar sering juga disebut pulau Gusung. Kalau dulu ada tempat yang seperti ini juga namanya Pulau Sembilan, tapi entah sekarang jarang bisa surut dan terlihat.

Taka Makassar merupakan sebuah gugusan yg terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil. Seperti Pasir Timbul, yaitu hanya muncul saat air laut surut dan menghilang saat air pasang. Para wisatawan yang datang ke pulau ini biasanya menikmati kejernihan air laut nya dengan berenang dan snorkling. Warna airnya itu yang membuat betah disini. Satu kata, Jerniiihhhhhhhh.

Pulau Kalong

Pulau Kalong Sailing Komodo

Melihat ribuan kawanan kelelawar beranjak dari peraduannya dan menghiasi langit terbang menuju daratan Pulau Flores saat matahari terbenam sekitar pukul 6 sore. Pastikan kapal menepi ke sisi di mana matahari terbenam di depan mata kita dan keindahan kekuasan Sang Pencipta pun akan segera disaksikan, Kelelawar terbang sambil mengeluarkan suara-suaranya yang gemuruh menuju arah Labuan Bajo dan sekitarnya.

Momen tersebut memang sudah sengaja dirancang untuk bisa disaksikan wisatawan sehingga perjalanan menuju Pulau Kalong biasanya saat sore hari.

Berikut ini adalah paket Sailing Komodo yang menarik untuk anda : Paket Wisata Sailing Komodo

Informasi Tambahan :

Disetiap pulau yang anda akan kunjungi diatas, jarak kapal anda berhenti itu tergantung dari besarnya kapal yang anda pakai, jika perahu/kapal anda besar, maka potensi kapal akan bersandar lebih jauh dari kapal-kapal kecil lainnya. Tapi jangan khawatir, biasanya kapal menyiapkan sekoci atau kapal kecil untuk anda mendekati pulau. Jika kapal tidak memiliki sekoci, maka mereka akan menggunakan jasa ojek perahu yang akan banyak dijumpai disetiap pulaunya.

Masih banyak objek wisata menarik disekitar Flores. Setelah kegiatan Sailing Komodo, mumpung disini, ada banyak tempat yang WAJIB dikunjungi saat anda berada di Flores. Seperti : Wae Rebo, Bena, Danau Kelimutu, Riung 17 Pulau. Anda dapat melihat dan mendownload Brosur Paket Tour Flores disini : Paket Tour Flores

Bagikan informasi ini :